Apa itu Essential Oil dan Aromaterapi

4:18 PM

Assalamualaikum dan hye semua

Harini Atia nak bercerita macam mana boleh terjebak dengan essential oil Young Living ni. Asalnya Atia ingatkan essential oil ni hanyalah sejenis pewangi rumah. MAHAL pulak kan pewangi rumah ni. Sebotol kecik beratus harga. Belum lagi diffuser dia. Stereotype biasa orang yang tak tau fungsi essential oil ni.


Atia mula tau tentang essential oil ni dari kak Farhana. Bos tempat kerja Atia. Pandai bos Atia ni meracun. Bermulalah minat pada essential oil ni. Tapi Atia tak terus guna. Memang perangai Atia sebelum guna akan buat research dulu. Terima kasih la pada pakcik Google sebab selalu ada bila perlu. Bukan masa zaman belajar je. hehehehe.

Untuk pengetahuan semua essential oil ni banyak jenis dia. Lain orang lain essential oil yang sesuai dengan badan. Dari sini la Atia belajar sikit2 asas aromaterapi. 

**********

Istilah yang dipetik dari Wikipedia 

Aromaterapi ialah istilah generik bagi salah satu jenis pengubatan alternatif yang menggunakan bahan cairan tanaman yang mudah menguap, dikenal sebagai minyak esensial, dan senyawa aromatik lainnya dari tumbuhan yang bertujuan untuk memengaruhi suasana hati atau kesihatan seseorang, yang sering digabungkan dengan praktik pengubatan alternatif dan kepercayaan kebatinan 

Minyak atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Di dalam perdagangan, hasil sulingan (destilasi) minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi.

**********

Pada tahun 1930, era moderen aromaterapi dimulai ketika ahli kimia Perancis, Rene Maurice Gattefosse, menciptakan istilah aromaterapi dalam penggunaan minyak esensial untuk terapi. Rene tertarik akan manfaat minyak lavender yang mampu menyembuhkan luka bakar pada tangannya tanpa meninggalkan bekas apapun. Kemudian dia mulai menyelidiki efek dan manfaat lain dari minyak esensial dalam penyembuhan dan psikoterapi. 

Selama perang dunia II, Dr Jean Valnet, ahli bedah tentara Perancis menggunakan minyak esensial sebagai antiseptik. Kemudian kegunaan aromaterapi ditingkatkan sebagai terapi yang holistik oleh Madame Marguerite Maury. Dia mulai meresepkan minyak esensial sebagai obat untuk pasien-pasiennya. Madame Marguerite Maury adalah orang yang dianggap berjasa dalam penggunaan minyak esensial moderen untuk pemijatan. Aromaterapi dapat memberikan efek terbaik ketika digunakan secara bersamaan melalui pikiran dan tubuh

Ikutkan kalau carik kat Google tu banyak je tentang aromaterapi ni. Apa yang Atia paham aromaterapi adalah salah satu cara pengubatan yang menggunakan aroma atau bau sebagai medium. Ianya bukannya ubat tapi sejenis terapi yang menggalakkan pengembangan fungsi sel2 dalam badan. Dengan aromaterapi langkah pencegahan dari penyakit mampu dilakukan dari awal. InsyaAllah.

Aromaterapi memiliki berbagai jenis aroma. Setiap aroma dalam aromaterapi mempunyai berbagai fungsi yang tidak hanya berguna untuk mengharumkan ruangan atau wewangikan namun juga memiliki berbagai fungsi luar biasa bagi kesihatan.

Sebagai contoh yang Atia jumpa kat wikipedia

**********
Aromaterapi Basil: Mengatasi sakit perut, kejang otot dan pegal linu, masalah pernapasan, flu dan demam, lelah mental, sakit kepala, sulit konsentrasi dan mudah gugup.
Aromaterapi Cedarwood: Untuk infeksi pernapasan dan saluran kencing, penyegar bagi kulit berminyak dan pori-pori tersumbat, ketombe dan gatal-gatal.
Aromaterapi Chammomile Roman: Cocok untuk semua permasalahan kulit seperti jerawat, alergi, luka bakar, eksem dan peradangan kulit.
Aromaterapi Clove: Mengurangi sakit gigi, diare, kudis, kurap dan kadas.
Aromaterapi Cubeb: Untuk penyakit anorexia, selulit dan kurang nafsu makan.
Aromaterapi Cypress: Mengatasi tekanan darah rendah, system sirkulasi, wasir, selulit serta mengurangi keringat yang berlebihan dari dalam tubuh.
Aromaterapi Ginger: Melindungi tubuh dari rasa kedinginan, demam, mual-mual, pencernaan, anti peradangan, infeksi saluran kencing, kandung kemih, menghancurkan segala jenis parasit usus dan menormalkan tekanan darah.
Aromaterapi Geranium: Berkhasiat mengencangkan payudara, menopause, eksem jerawat, pendarahan, tanda melahirkan sekaligus mencerahkan kulit.
Aromaterapi Grapefruit: Mengatasi pegal linu, menggigil, sakit kepala, flu dan demam serta membuang racun-racun dalam tubuh.
Aromaterapi Lavender: Merawat infeksi paru-paru, sinus, vaginal termasuk jamur, radang tenggorokan, asma, kista dan peradangan lain. Meningkatkan daya tahan tubuh, regenerasi sel, luka terbuka, infeksi kulit dan sangat nyaman untuk kulit bayi.
Aromaterapi Lemon: Selain baik untuk kulit berminyak, berguna pula sebagai zat antioksidan, antiseptik, melawan virus dan infeksi bakteri, mencegah hipertensi, kelenjar hati dan limpa yang tersumbat, memperbaiki metabolisme, menunjang system kekebalan tubuh serta memperlambat kenaikan berat badan.
Aromaterapi Jasmine: Pembangkit gairah cinta, baik untuk kesuburan wanita, mengobati impotensi, anti-depresi, pegal linu, sakit menstruasi dan radang selaput lendir.
Aromaterapi Juniper: Khusus perawatan penyempitan pembuluh arteri dan masalah-masalah yang berhubungan dengan penyumbatan seperti peregangan pembuluh darah, wasir dan selulit.
Aromaterapi Orange: Baik untuk kulit berminyak, kelenjar getah bening tak lancar, debar jantung tak teratur dan tekanan darah tinggi.
Aromaterapi Peppermint: Membasmi bakteri, virus dan parasit yang bersarang di pencernaan. Melancarkan penyumbatan sinus dan paru, mengaktifkan produksi minyak dikulit, menyembuhkan gatal-gatal karena kadas/kurap, herpes, kudis karena tumbuhan beracun.
Aromaterapi Rosemary: Salah satu aroma yang manjur memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, mengendorkan otot, reumatik, menghilangkan ketombe, kerontokan rambut, membantu mengatasi kulit kusam sampai di lapisan terbawah. Mencegah kulit kering, berkerut yang menampakkan urat-urat kemerahan.
Aromaterapi Sandalwood: Menyembuhkan infeksi saluran kencing dan alat kelamin, mengobati radang dan luka bakar, masalah tenggorokan, membantu mengatasi sulit tidur dan menciptakan ketenangan hati.
Aromaterapi Tea tree: Berperan sebagai tonik kekebalan yang baik mengobati penyakit paru-paru, alat kelamin, vagina, sinus, infeksi mulutinfeksi jamur, cacar air, ruam saraf serta melindungi kulit karena radiasi bakar selama terapi kanker.
Aromaterapi Thyme: Menyembuhkan gangguan pencernaan dan jamur, menghancurkan cacing gelang dan cacing pita.
Aromaterapi Ylang-ylang/Kenanga: Bersifat menenangkan, melegakan sesak napas, berfungsi sebagai tonik rambut sekaligus sebagai pembangkit rasa cinta.
**********
Banyak kan..?? Sebenarnya banyak lagi. Ini hanya sebahagian sahaja. 
Daripada kajian2 tentang aromaterapi ni Atia baru tau sebenarnya aromaterapi ni sebenarnya dah digunakan secara meluas. Bukan setakat pewangi bilik sahaja tau. Ianya dah meliputi pelbagai industri di dunia.

Dari sini la Atia mula berjinak jinak dengan bahan2 organik. Kalau dulu main pakai je produk yang ada janji sesuai dengan diri. Tapi sekarang setiap kali nak beli produk baru wajib untuk atia tengok dulu bahan2 yang ada dalam dia. Yang penting bebas dari Paraben, SLS dan sewaktu dengannya.

Untuk artikel seterusnya Atia akan cerita pulak Essential Oil apa yang membuatkan Atia termakan racun kak Farhana sehingga terjebak dengan Essential Oil Young Living ni.

Stay tune.. heeeeee~


You Might Also Like

0 komen dari peminat setia

Facebook Badge